Pelajaran dari Seorang Wanita Tentang Dunia

يحكى أن فتى قال لأبيه أريد الزواج من فتاة رأيتها  وقد أعجبني جمالها وسحر عيونها
رد عليه وهو فرح ومسرور وقال أين هذه الفتاة حتى أخطبها لك يا بني
فلما ذهبا ورأى الأب هذه الفتاة أعجب بها وقال لابنه
اسمع يا بني هذه الفتاة ليست من مستواك! وأنت لا تصلح لها هذه يستاهلها رجل له خبرة في الحياة وتعتمد عليه مثلي
اندهش الولد من كلام أبيه وقال له: كلا بل أنا سأتزوجها يا أبي وليس أنت
تخاصما وذهبا لمركز الشرطة ليحلوا لهم المشكلة
عندما قصا للضابط قصتهما قال لهم: احضروا الفتاة لكي نسألها من تريد الولد أم الأب
ولما رآها الضابط وانبهر من حسنها وفتنتها
وقال لهم: هذه لا تصلح لكما بل تصلح لشخص مرموق في البلد مثلي
وتخاصم الثلاثة وذهبوا الى الوزير
عندما رآها الوزير قال: هذه لا يتزوجها إلا الوزراء مثلي
وأيضا تخاصموا عليها حتى وصلا لأمر إلى أمير البلدة
وعندما حضروا قال: أنا سأحل لكم المشكلة احضروا الفتاة
فلما رآها الأمير قال بل هذه لا يتزوجها إلا أمير مثلي
وتجادلوا جميعا
ثم قالت الفتاة
أنا عندي الحل!! سوف أركض وانتم تركضون خلفي والذي يمسكني أولا أنا من نصيبه ويتزوجني
وفعلا ركضت وركض الخمسة خلفها الشاب والأب والضابط والوزير والأمير وفجأة وهم يركضون خلفها
سقط الخمس في حفرة عميقة
ثم نظرت عليهم الفتاة من أعلى وقالت
هل عرفتم من أنا؟  أنا الدنيا!
أنا التي يجري خلفي جميع الناس ويتسابقون للحصول على ويلهون عن دينهم
في اللحاق بي حتى يقع في القبر ولم يفوز بي

Perumpamaan dunia oleh wanita
Dikatakan bahwa seorang anak laki – laki mengatakan kepada ayahnya saya ingin menikahi seorang gadis yang saya lihat dan saya sukai kecantikannya dan pesona matanya dan dia berkata, dimana gadis ini, bahwa aku akan memberikan kepadamu, putraku?
Dan ketika ayah melihat gadis ini, dia terkesan olehnya, dan berkata kepada putranya. Dengar putraku, gadis ini bukan levelmu!
Dan anda tidak pantas mendapatkan pria dengan pengalaman hidup dan bergantung pada saya seperti saya. Anak laki – laki itu terkejut oleh kata – kata ayahnya dan berkata kepadanya: Tidak, tapi aku akan menikahi ayahnya, bukan kamu.
Dan mereka pergi ke kantor polisi untuk menyelesaikan masalah. Ketika dia memberitahu sang perwira kisah mereka, dia berkata kepada mereka : Ini tidak cocok untuk anda, tetapi orang yang layak di negara seperti saya. Dan ketiganya bertengkar dan pergi ke menteri. Ketika menteri melihat dia, dia berkata: “ini adalah satu – satunya pelayan yang menikahi saya. Mereka juga bertengkar dengannya sampai mereka mencapai gubernur kota.
 Ketika mereka datang, dia berkata: “saya akan menyelesaikan masalah untuk Anda.” Ketika pangeran melihat dia, dia berkata: ini adalah satu – satunya pangeran yang akan menikahinya.” Mereka semua berdebad. Kemudian gadis itu berkata, : saya punya solusinya! Saya akan berlari dan anda akan berlari dibelakang saya.
Dan sebenarnya berlari dan berlari lima dibelakang pemuda itu dan ayahnya dan petugas dan menteri dan dan pangeran dan tiba – tiba berlari kebelakang . Kelimanya jatuh ka lubang yang dalam. Kemudian gadis itu memandang mereka dari atas dan berkata, “Apakah anda atau siapa saya?, Akulah dunia! Saya menjadi belakang semua orang berlomba intuk mendapatknan dan mencintai agama mereka. Dia mengejar saya sampai jatuh ke kuburan dan tidak memenangkan saya.

Catatan : Hikmah dari cerita ini ialah bahwa kita jangan  terlalu mengejar dunia hanya dengan kesenangan semata dan berhati - hatilah dengan fitnah wanita...

Komentar

Posting Komentar